Jumat, 22 April 2011

RAHASIA TULISAN TANGAN


RAHASIA TULISAN TANGAN


“tulisan tangan adalah refleksi kepribadian seseorang. Seberapa besar kekuatan egonya, seberapa besar mereka menilai diri sendiri, dan seperti apa daya intelektual, gaya kerja dan cara mereka berkomunikasi” (Sheila Lowe, graphologis).
Apa yang bisa di ceritakan oleh tulisan tangan seseorang?
Banyak sekali…….
Karena tulisan tangan adalah hasil dari pikiran sadar dan bawah sadar manusia yang menggambarkan karakter dasar pribadinya.
Ini sesuai dengan yang di utarakan oleh dua pakar psikologi ternama, Freud dan Jung, bahwa, secara tidak langsung, pikiran bawah sadar kita akan diproyeksikan ke dalam berbagai hal. Salah satunya tulisan tangan yang merupakan hasil koordinasi antara gerak motorik halus dan pikiran.
            Dalam Grafologi, sedikitnya ada 6  hal yang bisa kita gunakan dalam membaca kepribadian seseorang. Keenam hal itu adalah:
a.       Besar kecilnya tulisan,
b.      Bersambung atau tidak,
c.       Tegak atau miring,
d.      Tekanan,
e.       Kecepatan menulis,
f.        Bentuk huruf awal,
g.      Bentuk huruf akhir.

1.    BESAR KECILNYA TULISAN

Ada empat ukuran tulisan tangan yaitu: kecil, sedang, besar, dan sangat besar.
          Tulisan berukuran kecil menunjukkan seseorang yang pendiam, suka menyendiri tapi otaknya cemerlang dan pikirannya selalu ilmiah serta sangat logis. Tipe orang yang teliti, tepat, dan memiliki kekuatan konsentrasi yang mengagumkan.
          Apabila tulisa1nnya kecil-kecil tapi mudah di baca, menunjukkan penulisnya pandai dan punya konsentrasi kuat. Namun dia suka pamer bahwa dia orang pandai. Tulisan tangan kecil dan susah dibaca berarti sang penulis orang yang cerdas dan mandiri.
          Tulisan berukuran sedang menunjukkan orang yang supel dan praktis, namun cenderung setia kepada tradisi. Untuk gaya hidup modern dia hanya toleransi pada kegiatan formil saja. Orang ini sangat jitu dalam berfikir logis saat mengambil keputusan penting dalam hidupnya.
            Tulisan tangan berukuran besar menunjukkan besarnya ambisi orang tersebut. Tipe orang ini suka melebihkan omongan dan sesekali tak merasa berdosa jika berdusta, berdarah panas, selalu ingin dihargai oleh orang lain dan cenderung egois. Meski demikian orang seperti ini tak suka berpangku tangan dan umumnya murah hati.
            Ukuran tulisan tangan yang sangat besar menunjukkan pribadi yang gemar menarik perhatian orang lain. Sosok yang suka over acting, ingin selalu tampil. Seorang yang gemar berpetualangan mengikuti panggilan jiwanya bahkan rela pergi kemana-mana demi memuaskan jiwa yang haus perhatian.
            Jika tulisan membesar di tengah dan sedikit ke atas atau ke bawah dari garis dasarnya, maka orang itu bersifat kekanak-kanakan. Contohnya, seperti bisa dilihat dari logo tulisan tangan Walt Disney.

2.    BERSAMBUNG ATAU TIDAK
Tulisan tangan seseorang dengan orang lain amat bermacam-macam gayanya. Namun, secara umum hanya ada 2 buah gaya utama dalam tulisan yakni bersambung (connected) dan tidak bersambung (disconnected).
          Penulisan yang bersambung ada yang bersambung biasa, sambung berbentuk kotak, sambung berliku, serta gaya campuran. Selain itu ada tulisan yang huruf-hurufnya saling tidak tersambung.
Tulisan bersambung biasa:
Menunjukkan pribadi yang senang memberi respon pada setiap masalah, bisa menerima ide orang lain, mudah bergaul dan di senangi teman. Orang ini berbakat menjadi pemimpin dan bisa mengarahkan hidupnya dan hidup orang lain dengan baik.
Tulisan bersambung berbentuk kotak:
Bukanlah tanda pribadi yang positif. Orang yang memiliki tulisan seperti ini mudah di pengaruhi. Dia juga sering menilai enteng setiap persoalan, hingga tindakannya kadang terkesan sembrono dan tanpa pemikiran mendalam.
Tulisan bersambung berliku:
Meski bersambung, namun tulisan ini banyak gaya liku-likunya. Artinya, penulisnya sangat formil, hati- hati tapi gemar menonjolkan status. Umumnya pendiam, gemar menyendiri dan biasanya banyak memiliki keahlian atau bakat special yang sulit ditiru orang lain. Bisa jadi dia berprofesi sebagai seniman.
Gaya Campuran:
Sambungan tulisannya tidak konsisten. Kadang terlihat bersambung biasa, bersambung kotak, bahkan ada campuran sambungan berliku. Orang ini biasa menulis cepat, tulisannya tidak karuan dan kadang sukar dibaca. Bukan berarti pribadinya ruwet. Justru tulisan seperti ini tanda penulisnya seorang yang cerdas, biasa berfikir cepat dan kreatif. Sayangnya mudah sekali tersinggung kalau di kritik.bahkan, bila seseorang bersikap tidak sesuai dengan kehendaknya jangan harap dia mau menolong.
Catatan:
Orang yang jika menulis selalu menyambungkan huruf di antara huruf-huruf yang tarikannya jatuh di bawah adalah orang hidupnya sangat menderita, seolah-olah beban berat di pundaknya tak tertanggungkan.
Tulisan tidak bersambung:
Tulisan yang tidak bersambung, huruf-hurufnya saling terpisah, menandakan hubungan social yang kurang baik dari orang tersebut dengan lingkungannya. Jika jarak antar hurufnya semakin jauh berarti semakin jauh orang itu menjaga jarak dengan lingkungannya. Pribadi ini tertutup, jarang berkomunikasi dengan orang dan biasanya tipe yang sibuk dan asik dengan dirinya sendiri. Bukan orang yang enak di ajak bergaul karena cenderung egois dan mau menang sendiri. Jika jarak antar hurufnya sangat jauh berarti orang ini boleh di bilang menutup diri dari intervensi dunia luar ke dalam kehidupan pribadinya. Jika jarak antar hurufnya sedikit rapat meski tidak bersambung berarti orang itu masih mau berhubungan dengan lingkungannya meski tetap menjaga jarak.
Jika hurufnya sebagian tersambung dan sebgian lagi terpisah, berarti orang itu sebenarnya suka berhubungan social dengan orang lain tapi tetap menjaga jarak wilayah pribadinya.

3.    TEGAK ATAU MIRING

Ada tiga bentuk kemiringan tulisan: tegak, miring ke kiri dan miring ke kanan. Semua bentuk ini memiliki makna tersendiri. Uniknya hanya 10 persen orang yang tidak konsisten menulis secara miring. Sementara, ketidakkonsistenan orang yang menulis tegak bisa sampai 70%-80%.
Tulisan tegak:
Menunjukkan orang yang efisien dan berpikiran jernih tapi tak suka di atur. Mengutamakan kebebasan pribadi dalam mengerjakan sesuatu. Untungnya control dirinya hebat, cukup pandai memilih hal yang berpengaruh positif terhadap kehidupannya.
Tulisan yang sangat tegak lurus adalah cirri orang yang sangat percaya diri.
Tulisan yang tegak tapi banyak menggunakan tanda atau ornament sehingga berkesan ramai adalah ciri orang yang berkarakter sulit. Tak bia di andalkan dan perlu bantuan untuk mengambil keputusan yang penting untuk hidupnya.
Jika tulisannya tegak dan semua tulisan bersambung berarti orang ini amat logis dan fleksibel.
Tulisan tegak, lurus, dan lancip:
Penulisannya adalah orang yang agresif, sangat tekun mengerjakan sesuatu, sering enggan berkompromi dengan orang lain. Bila lancipnya pada huruf awal saja artinya orang itu banyak mengalami konflik psikologis sehingga sering bersikap agresif dalam hidupnya.
Tulisan miring ke kiri:
Ciri pribadi yang tertutup alias introvert. Hampir semua hal di ukur menurut keinginannya sendiri atau standar kuno yang menurutnya sangat baik. Selain terkesan kuno dan konservatif, orang ini sangat individualistis, cenderung egois.
Tulisan yang miring ke kirinya kuat sekali adalah tanda orang yang sangat mandiri.
Tulisan miring ke kanan:
Menunjukkan pribadi yng ramah, aktif dan bersikap terbuka alias extrovert. Suka menghadapi tantangan baru. Percaya kata hatinya saat bekerja. Namun, untuk hal yang kurang dimengerti tak malu untuk bertanya kepada ahlinya.
Tulisan yang hanya sedikit miring ke kanan menunjukkan pribadi yang butuh ketenangan dan tak terlalu suka di ganggu saat bekerja atau melakukan aktivitas.
Tulisan semakin ke kanan semakin cenderung naik:
Optimis, penuh semangat.
Tulisan semakin ke kanan semakin menurun:
Pesimis, kurang semangat.

4.   TEKANAN TULISAN

Untuk melihat seberapa besar tekanan tulisan seseorang mudah saja. Balik kertas yang ditulisi orang tersebut. Perhatikan kertas dari belakang. Di baliknya akan tampak bekas goresan tulisan yang tercetak. Apakah tekanannya halus atau tebal terlihat jelas dan bisa di raba dari belakang kertas. Perkara tulisannya mudah dibaca dari belakang atau tidak bukanlah persoalan yang penting.
Tulisan yang tekanannya halus, jika kertas di amati dan di raba dari belakang, hampir tak meninggalkan tekanan adalah tanda pribadi yang tenang. Tidak banyak tingkah dan cenderung diam.
Tulisan yang bekas tekanannya tercetak jelas, tanda pribadi yang kaku dan formal. Orang seperti ini sulit atau kurang luwes menyesuaikan diri dalam pergaulan, apalagi dia selalu ingin dihargai orang lain. Semakin dalam dan keras tekanan tulisannya maka semakin kaku sikap orang tersebut dalam kehidupan.
Tulisan yang tekanannya sedang adalah orang yang bersikap sedang juga. Dalam arti tidak terlalu pendiam namun juga tidak kaku atau terlalu emosian.

5.    KECEPATAN MENULIS
Ada orang yang mampu dan biasa menulis dengan cepat. Sebaliknya ada orang yang selalu menulis dengan lambat.
Menulis dengan cepat:
Tulisannya bisa sampai tidak terbaca karena dia jarang memperhatikan bentuk huruf atau bentuk keseluruhan tulisan. Ini adalah tanda orang yang cerdas dan bisa berpikir cepat. Dia juga peka terhadap perubahan dan siap menghadapi perubahan.
Menulis lambat:
Biasa berpikir santai atau banyak pertimbangan. Tipe orang yang susah untuk dimintai keputusan penting dalam waktu singkat karena orang seperti ini cenderung suka memikirkan hal yang kurang penting.

6.    BENTUK HURUF AWAL
Perhatikan saat orang menulis dengan memulai sebuah kalimat baru. Banyak orang yang suka memainkan bentuk tulisannya, terutama pada huruf awal. Ada huruf yang bentuknya mirip jangkar kapal, busur dan sebagainya. Setiap bentuk itu menunjukkan karakter yang khas.
Bentuk jangkar:
Di sebut bentu jangkar karena memang huruf awal tulisnya mirip jangkar kapal. Ini adalah tanda orang orang yang bersikap kurang dewasa dan kurang percaya diri. Tipe pasif yang mengharapkan rejeki dan kebaikan datang menghampirinya. Bukan tipe orang yang mau berusaha keras untuk mendapatkannya.
Bentuk busur:
Bentuk huruf di awal tulisannya seperti busur panah yang di tarik. Orang ini biasanya cepat puas dengan hasil yang di capai. Hidupnya tergolong religious. Tipe orang yang tenang menjalani hidup.
Bentuk memanjang:
Huruf awal panjang dan dituliskan pelan-pelan. Ini adalah pribadi yang terlalu berhati-hati dan cenderung lambat menata masa depan. Panjangnya huruf awal menunjukkan kelambatan kerja dan pemborosan waktu. Bukan tipe orang yang efisien.
Bentuk memanjang dri bwah:
Huruf awal memanjang dimulai dari bawah bila di goreskan secara kilat menunjukkan penulisannya agresif dan cepat menyelesaikan pekerjaan. Selain itu dia suka sekali melakukan berbagai eksperimen. Tipe orang yang cenderung ingin athu banyak hal dalam hidup ini.

7.    BENTUK HURUF AKHIR
Perhatikan bentuk huruf pada akhir kata yang dituliskan. Huruf pada akhir kata ini bisa memberikan gambaran sikap social dan kualitas pribadi penulisnya.
Umumnya kita akan lebih mudah menemukan bentuk ini secara khas di akhir kalimat. Tapi beberapa orang sudah memiliki bentuk akhir huruf yang khas pada ujung tiap kata.
Bentuk huruf di akhir kata ini terbagi dua model utama, yakni: di tulis memanjang ke ujung, memanjang ke atas dan dibuat menyilang.
Huruf akhir suatu kta ditulis memanjang ke ujung:
Orang yang murah hati dan rasa sosialnya besar. Bukan orang yang pelit berbagi kebahagian dengan orang lain.
huruf akhir memanjang ke atas:
penulisnya menyukai kemewahan, idealis dan punya semangat yang tinggi dalam menjalani hidup. Tipe pemimpi yang optimis.
Huruf akhir menyilang:
Orang yang suka intropeksi. Tak hanya mau mempelajari kesalahan orang lain namun tak segan mengkritik diri sendiri bila perbuatannya memang salah.



         
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar